counters

Jumat, 27 Maret 2015

Akhlaq Mulia terhadap Diri sendiri/ Akhlaq baik untuk diri kita dan kepada orang lain



Akhlak Mulia terhadap diri sendiri
1.       Harus menjaga kebersihan diri atau kesucian jiwa diantaranya berpakaian , berhias, berjalan, bertamu dan tata cara menerima tamu. Arti menjaga kesucian jiwa adalah menjaga jiwa agar tetap tenang, nyaman dengan cara berdzikir kepada Alloh SWT, membaca Al-quran dll, arti berpakaian adalah memakai pakaian yang menutupi aurat, tidak menyakiti badan (ketat) dan tidak berpakaian secara berlebih-lebihan, sedangkan berhias yaitu merawat anggota badan dengan perawatan maupun olahraga, bertamu dan menerima tamu harus dengan baik.
2.       Bersikap pemaaf dan pemohon maaf dalam pergaulan. Arti disini yaitu kita harus mempunyai sifat pemaaf dan jangan malu untuk memohon maaf bila terjadi kesalahan.
3.       Harus bersikap penyantun dan menyayangi diri sendiri, Arti disini kita harus sopan karena kalau kita sopan, orang lain pun akan menghargai kita, sopan kepada kita dan menyangi diri sendiri yaitu menyayangi lahir batin kita dengan cara bersyukur kepada Alloh SWT, dan merawat pemberian lahir batin dari Alloh SWT, Seperti Berolah raga agar badan kita sehat dan beribadah pun tidak ada hambatan.
4.       Harus bersikap sederhana, jujur dan rendah hati. Arti sikap sederhana di sini ialah tidak berlebihan dalam apapun seperti berpakain, jujur, jadi manusia di haruskan untuk jujur terkecuali dan rendah hati  dalam menjalankan kehidupanya.
5.       Harus menepati janji dan menjaga kepercayaan orang lain. Arti disini adalah tidak mengingkari janji, karena mengingkari janji merugikan diri sendiri, orang lain dan termasuk ciri – ciri orang yang munafik.
6.       Harus menghindarkan diri dari dosa besar seperti mabuk – mabukan, berjudi, berzina di luar nikah, durhaka kepada orang tua dan lain-lain.
7.       Harus menghindarkan diri dari perbuatan negatif contohnya seperti malas bekerja, menyia-nyiakan waktu dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar